Olah Raga Lari

Olah Raga Lari

Lari lari YOOOUU  ….UUUK  !

Membiasakan olah raga lari atau jogging secara teratur baik pagi hari maupun sore hari memberikan manfaat sangat baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan lainnya. Jogging atau lari juga memberikan kesenangan dan hiburan secara fisik dan mental.

Adapun manfaat olahraga lari atau jogging diantaranya :

* Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan;
* Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan;
* Menetralkan depresi;
* Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif;
* Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan;
* Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya;
* Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung;
* Membuat tidur lebih nyenyak.

Olahraga lari juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila dilakukan dengan benar, Anda tak akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.

Tidak hanya itu, Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama melakukan olahraga lari, Anda juga dapat merasakan perasaan senang.

Olahraga lari dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa; Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi; Jogging dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 kg.

Untuk memulainya, Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan Anda.

Sangat disarankan untuk melakukan peregangan sebelum melakukan sesi olahraga lari, dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya. Bagai mana dengan anda ?

About these ads

About pertamman

Hidup adalah sebuah perjuangan dan kita terus berjuang menuju yang lebih baik,sampai suatu saat kita menjadi tua dan akhirnya menuju suatu tempat di akhirat,tiada mengenal lelah ,tiada mengenal putus asa...............................

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s